Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning)

Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem perangkat lunak yang membantu perusahaan mengelola berbagai proses bisnis dan informasi keuangan, operasional, dan sumber daya manusia secara terintegrasi. ERP digunakan untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan banyak aktivitas bisnis perusahaan, seperti produksi, pengadaan, manajemen inventaris, keuangan, dan sumber daya manusia.


Dengan ERP, data dan informasi terpusat, sehingga memungkinkan departemen yang berbeda di perusahaan untuk berkolaborasi dan berbagi informasi secara efektif. Sistem ERP memungkinkan perusahaan mengelola proses bisnis dengan lebih efisien dan efektif, dengan meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, mengurangi duplikasi pekerjaan dan mengurangi biaya operasional.


ERP memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang terkumpul dan terintegrasi dari berbagai departemen, sehingga memudahkan manajemen dalam mengambil keputusan strategis. Selain itu, ERP juga membantu perusahaan untuk memenuhi peraturan dan kepatuhan hukum dengan menyediakan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.


Meskipun implementasi ERP dapat memerlukan investasi awal yang besar dan waktu yang lama, namun ERP memberikan banyak manfaat bagi perusahaan seperti meningkatkan efisiensi dan efektivitas, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning)
Baca Juga